Ads

Friday, June 08, 2012

Ini "Ganjaran" bagi Ibu yang Tak Berikan ASI

UNTUK meningkatkan kesadaran para ibunda memberikan ASI eksklusif untuk buah hatinya, pemerintah melalui Kemenkes akan memberikan penyuluhan di Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) bagi ibu-ibu yang hamil. Penyuluhan akan dilakukan sejak ibu hamil, melahirkan, dan selama masa menyusui.

"Kalau ibu hamil datang ke Posyandu, maka dia akan mendapatkan buku KIA (Kesehatan Ibu dan Anak) yang berwarna pink. Di dalamnya berisi seputar penyuluhan bagaimana menjalani masa kehamilan dengan baik, mempersiapkan persalinan, bagaimana melaksanakan IMD (Inisiasi Menyusui Dini), hingga bagaimana memelihara payudara agar pasokan ASI tak terhambat. Namanya kelas ibu, yang didampingi seorang tutor oleh bidan," tutur Direktur Jenderal Bina Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak (Dirjen Bina Gizi & KIA), Dr. Slamet Riyadi Yuwono, DTM&H, MARS, usai jumpa pers di Kementerian Kesehatan, Jakarta, Jumat (8/6/2012).

Kelas ibu tersebut diadakan untuk meningkatkan kesadaran ibu hamil dan ibu menyusui untuk menjaga kesehatan dirinya dan mengusung kesehatan bayi. Lantas, apakah ganjaran bagi ibu yang tidak bersedia memberikan ASI eksklusif untuk bayinya?

"Bila masih ada yang tidak mau menyusui ASI, maka akan terus diberikan penyuluhan. Tidak akan diberi sanksi, hanya diberikan penyuluhan. Dibuat sadar apa pentingnya ASI bagi bayi. Minimal enam bulan saja, bila memang tidak ada indikasi medis mengapa tidak mau," tutupnya.
(tty)
Source : okezone.com

No comments:

Jagoanku sudah besar

Hari ini, tak terasa jagoanku sudah 2tahun 3bln... disela kesibukanku membuat laporan dia berusaha mencari perhatianku dan mengalihkan sejen...